Dirjen Bina Pemdes: Babakan Asem Berinovasi Menuju Desa Cerdas dan Mandiri
Kamis, 23 November 2022 10:12:27
DESA BABAKAN ASEM
Dirjen Bina Pemdes: Babakan Asem Berinovasi Menuju Desa Cerdas dan Mandiri

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes, Yusharto Huntoyungo, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Jumat (04/02/2022).

Dalam kunjungan tersebut, Yusharto meninjau beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa tersebut. Seperti adanya inovasi mesin pelayanan digital Anjungan Surat Mandiri (ASM), dan pusat pembelajaran Bahasa Inggris yang diperuntukan bagi warganya agar mahir dalam berbahasa inggris. Dia menilai berbagai layanan dan fasilitas itu merupakan inovasi menuju desa cerdas dan mandiri.

"Ada beberapa inovasi yang menarik di sini, yaitu adanya mesin ASM untuk mengurus surat secara mandiri. Selain itu, di sini (Desa Babakan Asem) terdapat tempat pembelajaran bahasa Inggris untuk warga di sini," ucapnya.

Dengan keberadaan ASM ini, menurut Yusharto, akan mempermudah masyarakat untuk mengurus surat-surat. Masyarakat cukup menyentuh monitor untuk mencetak kebutuhan administrasinya melalui mesin tersebut. Sehingga, surat menyurat dan permohonan administrasi dapat diakses melalui anjungan. "Tentunya ini, sebuah inovasi menuju desa cerdas dan mandiri," katanya.

Selain itu, ada inovasi lain yang menarik perhatian Yusharto untuk berkunjung ke Desa Babakan Asem ini yaitu inovasi dari segi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keberadaan pusat pembelajaran bahasa inggris.

Ia mengatakan, pelatihan dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris ini dirasa sangat dibutuhkan untuk warga desa tersebut, hal ini dilakukan untuk mengatisipasi kebutuhan tenaga kerja sekitar. Mengingat, di lingkungan sekitar desa tersebut berada di lingkungan bandara.

"Ini menjadi langkah baik yang telah dilakukan oleh pihak desa dalam pengembangan SDM, ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh Desa Babakan ini untuk menjadikan warga masyarakatnya siap bekerja sesuai dengan lingkungannya, dan ini sangat kami hargai," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang, Tini Wartini sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Desa Babakan Asem. Menurutnya, dengan adanya ASM ini adalah bentuk upaya dalam mempercepat digitalisasi pelayanan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang.

"Kami dari Diskominfo akan terus mendukung dan juga kedepan akan melakukan pembinaan agar desa ini nantinya dapat dijadikan pilot project untuk desa lainnya," ucap Tini.

Turut mendampingi Kunker tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Pemerintah Kabupaten Tangerang, Cikwi R. Inton, Kepala Bidang Pembangunan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tangerang Galih Prakosa, Camat Teluk Naga Zam Zam Manohara, beserta unsur Forkopimcam Teluk Naga.

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2022

Data belum diinput

APBDes 2021

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2021

Data belum diinput