Puskesmas Teluknaga Aktifkan Kembali Poskesdes Babakan Asem
Kamis, 23 November 2022 10:11:46
DESA BABAKAN ASEM
Puskesmas Teluknaga Aktifkan Kembali Poskesdes Babakan Asem

PUSKESMAS Teluknaga di wilayah Kecamatan Teluknaga mulai mengaktifkan kembali Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), di antaranya di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga.

Pos ini merupakan salah-satu wujud dari kegiatan Desa Siaga yang merupakan hasil kerjasama lintas sektor antara puskemas, desa, dan Kecamatan Teluknaga.

Kepala Puskesmas Teluknaga, drg Husna Meiyanti, kemarin, menginformasikan Poskesdes merupakan pelaksnaan program Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan dan menyediakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat desa.

Serta sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya masyarakat dan dukungan pemerintah, katanya.

Adapun pelayanan Poskesdes, meliputi upaya promotif, preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan, terutama bidan dan dengan melibatkan kader kesehatan setempat.

Kepala Puskesmas Teluknaga menambahkan kegiatan poskesdes di Desa Babakan Asem dilakukan di setiap hari Rabu di Gedung Poskesdes yang bersebelahan dengan kantor desa. “Dan ini baru pertama kali dilakukan pada hari Rabu 15 Juni 2022 setelah Pandemi Covid-19.”

Terdata sedikitnya 39 masyarakat yang melakukan pemeriksaan kesehatan dasar. Pihak Puskesmas Teluknaga menyediakan 2 petugas, terdiri dari perawat dan petugas pendaftaran. Jika membutuhkan penanganan dokter akan dirujuk langsung ke puskesmas.

Selain melakukan kegiatan pemeriksaan dasar dan melakukan penyuluhan kegiatan poskesdes, petugas juga melakukan sosialisasi, meminta saran serta masukan, dan kritik mengenai kegiatan yang ada di Puskesmas Teluknaga.

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2022

Data belum diinput

APBDes 2021

Data belum diinput

Realisasi APBDes 2021

Data belum diinput